Selasa, 19 Juli 2011

Seribu Sungai dan Ratusan Bahasa di Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat kerap disebut sebagai provinsi "Seribu Sungai." Ini disebabkan ratusan sungai baik itu besar maupun kecil yang sering dilintasi masyarakat baik lokal maupun wisatawan yang melintas di provinsi tersebut. Ada beberapa sungai besar yang hingga saat ini masih merupakan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman. Provinsi ini memiliki luas lebih dari 146.607 km persegi dan kaya akan berbagai mineral dan batu permata.

Wilayah ini juga dilewati garis khatulistiwa, dengan satu sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Sungai dengan panjangnya mencapai 1.143 km membagi kota menjadi dua sekaligus menyediakan jalur komunikasi dan bersejarah.

Kalimantan Barat adalah tempat yang cocok untuk berwisata alam, argowisata dan wisata budaya. Wisata budaya dengan latar belakang sejarah Kalimantan Barat dan aneka ragam seni serta budaya yang unik dan menarik siap menghibur Anda. Wisata alam berupa pegunungan, pantai, lait, danau, hutan tropis dengan flora dan faunannya, tidak ketinggalan pula air terjun nan indah di Pande Kambayung dan Riam Kanebak.

Suku aseli yang menghuni Kalimantan Barat adalah suku Dayak dan kaum pendatang lainnya dari Sumatra, kaum urban dari Cina serta daerah lainnya di Indonesia. Keanekaragaman sosial budaya di Kalimantan Barat merupakan mozaik yang berjalan beriringan dan dinamis. Terbayangkah oleh Anda? Ada 164 bahasa daerah, 152 di antaranya adalah bahasa sub suku Dayak dan 12 sisanya bahasa sub suku Melayu. Berbagai bahasa ini digunakan oleh sedikitnya 20 etnis, tiga diantaranya suku asli dan 17-nya lagi adalah suku pendatang. Belajar bahasa yang unik di Kalimantan Barat!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons